Selasa, 26 Juni 2012

[OKMF] Orang Kantoran Mengejar Firdaus #1

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada Allah, menegakkan shalat, berpuasa bulan ramadhan, maka sudah pasti Allah akan memasukkannya kedalam surga, baik apakah dia berjihad di jalan Allah atau dia hanya duduk tinggal di tempat di mana dia dilahirkan". Mereka bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah tidak sebaiknya kami sampaikan berita gembira ini kepada orang-orang? " Beliau bersabda: "Sesungguhnya di surga itu ada seratus derajat (kedudukan) yang Allah menyediakannya buat para mujahid di jalan Allah dimana jarak antara dua derajat seperti jarak antara langit dan bumi. Untuk itu bila kalian minta kepada Allah maka mintalah surga Firdaus karena dia adalah tengahnya surga dan yang paling tinggi. Aku pernah diperlihatkan bahwa diatas Firdaus itu adalah 'Arsynya Allah Yang Maha Pemurah dimana darinya mengalir sungai-sungai surga". (HR. Bukhori, dalam Kitab Shahih-nya)



Itulah Firdaus, surga yang terbaik, the best of the best.
Kebanyakan orang berangan-angan untuk mendapatkan yang terbaik namun merasa tidak layak mendapatkannya. Tanyakan kepada semua karyawan, apakah ingin menjadi Direktur, hampir pasti sebagian besar jawabannya "ingin". Namun ketika ditanya apakah anda yakin akan menjadi Direktur, hampir pasti sebagian besar jawabannya "tidak".
Demikian halnya saat ditawari Firdaus, hampir pasti jawabannya: "ingin ... tapi". "Tapi kan Firdaus untuk orang-orang yang khusyu' Shalatnya, saya kan masih ya begitulah". "Tapi kan Firdaus untuk orang-orang yang mampu menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna, saya kan ... ". Tapi kan ... .

Apalagi kalau ditanyakan ke orang kantoran. "Sepertinya susah ya, kita kan karyawan banyak kesibukan susah beramal, kalau Ustadz atau santri masih mungkin lah". "Kita mah surga orang awam aja lah, namanya juga pegawai, kerjanya disuruh-suruh, susah cari waktu". "Ana berusaha sih, kita banyak melakukan kegiatan keislaman di kantor, shalat berjama'ah dll, tapi dibanding para mujahid, 'ulama dan shalafus sholeh, ya jauh lah".

Sebagai orang kantoran, penulis tergerak untuk mengubah paradigma ini. Siapapun bisa masuk Firdaus. Juga orang kantoran !!!

Bukankah sudah cukup gamblang  sabda Rasulullah: "Bila kalian minta kepada Allah maka mintalah surga Firdaus". Apakah Rasulullah membatasi 'ulama saja, santri saja, ustadz saja? Tidak. Hadits ini berlaku untuk semua kita ummatnya. Termasuk orang kantoran.

InsyaAllah, kita akan berbagi semangat Orang Kantor Mengejar Firdaus ini dalam rangkaian tulisan OKMF - the series. semoga Allah memberikan kemudahan dan kekuatan.

Tidak ada komentar: